www.lapaktas.com - Belanja mudah dan cepat - Aman sampai ke tangan Anda - Tersedia Tas DEUTER - BERGHAUS - OSPREY - EIGER 100% Original

News
25 Oktober 2016
Tips Buat Para Pendaki Wanita Agar Selalu Tetap Cantik Saat Mendaki Gunung
Halo para cewek yang ingin mendaki gunung. Kali ini LapakTas ingin membagi tips mendaki gunung untuk kaum wanita, seiring meningkatnya minat perempuan untuk mendaki gunung. detail

22 Juni 2015
7 Ransel Hebat - Harga Hemat
7 pilihan tas ransel kapasitas 50-60 liter yang terjangkau kantong. detail

27 April 2015
Bagaimana Cara Nggak Nyampah di Gunung?
Tak perlu heran di beberapa gunung di Indonesia kerap ditemukan timbunan sampah. Ini menjadi salah satu masalah yang muncul dari meningkatnya minat hobi berkegiatan di alam bebas, terutama mendaki gunung. detail

15 April 2015
Cara Mudah Merawat Sepatu Trekking
Sepatu trekking adalah sepatu yg di rancang khusus untuk menghadapi segala medan di gunung, harga dan kualitas tak akan menjamin keawetan dari barang tersebut, karena semua masih tergantung pada bagaimana kita merawat sepatu tersebut. detail

» index berita
Testimonial
Hendy Hidayat
Terima kasih Lapaktas.... Pesanan saya sudah sampai di banda aceh...

Adji - Jakarta
Thanks pak bos... layanannya super cepet barangnya juga ajib. Pesen pagi... sorenya udah nongol di rumah. thanks pak bos

Ana Kania - Semarang
Gann,. laporr deuter act trail 28 sl udah mendarat di semarang,. setelah nyari sana sini kosong semua, sulit banget nyarinya, akhirnya dapet juga di agan ini, puas banget deh,. makasih ya gan

heru gunawan
Alhamdulillah setelah sekian lama mencari kids comport 2 akhirnya lapak ini menyediakan stok dan pelayanan prima by sms ataupun pengirimannya,...lancar jaya

» isi testimonial
» lihat testimonial

Bagaimana Cara Nggak Nyampah di Gunung?


27 April 2015

Tak perlu heran di beberapa gunung di Indonesia kerap ditemukan timbunan sampah. Ini menjadi salah satu masalah yang muncul dari meningkatnya minat hobi berkegiatan di alam bebas, terutama mendaki gunung.

Jika Anda mulai menyukai kegiatan ini, mungkin Anda sering menghadapi masalah sampah yang timbul dari barang bawaan Anda. Beberapa sampah yang kerap dijumpai di gunung adalah bungkus dari makanan kemasan, kaleng gas bekas, hingga sisa makanan yang tidak habis kemudian ditinggalkan hingga membusuk begitu saja.

Sungguh ironis, di satu sisi, pendaki tengah menikmati keindahan yang telah alam berikan. Namun dia juga yang merusak keindahan alam tersebut secara tidak bertanggung jawab. Tidak ingin menjadi pendaki tak bertanggung jawab? Berikut merupakan beberapa kiat untuk mengurangi sampah dari barang bawaan Anda.

1. Kurangi membawa makanan kemasan. Kurangi mengonsumsi makanan kemasan yang berpotensi menimbulkan sampah. Sampah-sampah yang berada di gunung biasanya berasal dari makanan kemasan yang dibawa pendaki.

Untuk mengurangi jumlah sampah yang dihasilkan, sebaiknya Anda membawa makanan kemasan secukupnya. Anda juga bisa membeli makanan kemasan yang ukurannya jumbo agar bungkus makanan yang dihasilkan tidak terlalu banyak.

2. Sediakan trash bag atau kantong sampah untuk wadah sampah. Anda pasti malas untuk memasukan sampah-sampah bawaan ke dalam tas. Untuk mengatasinya, bawalah kantong sampah yang ukurannya besar. Sehingga sampah tidak akan tercampur dengan barang bawaan Anda lainnya yang ada di dalam tas.

3. Pisahkan antara sampah organik dan nonorganik. Memisahkan sampah organik dan nonorganik akan sedikit meringankan beban sampah yang harus diangkut. Anda tidak perlu memasukan sampah organik ke dalam kantong sampah.

Sampah organik dapat dikubur di dalam tanah agar pembusukannya terjadi di dalam tanah. Tetapi sebelumnya pastikan tidak ada sampah nonorganik seperti plastik tercampur dengan sampah organik. Ingat, jangan membuang sampah organik tersebut di sungai atau mata air.

4. Bawa kembali sampah yang dihasilkan. Sampah-sampah dari sisa bungkus makanan, kaleng gas bekas, batu baterai yang sudah habis, harus dibawa turun kembali setelah mendaki.

Kondisi fisik yang sudah lelah ketika mendaki, menjadi salah satu faktor yang membuat beberapa pendaki malas membawa turun kembali sampah tersebut. Agar tidak terlalu lelah, Anda bisa memikul kantong sampah secara bergantian dengan rekan Anda, jika Anda melakukan perjalanan dengan rombongan.

Ketika melakukan pendakian, ada sebuah istilah yang sering dikenal sebagai zero waste, yang berarti pendaki tidak boleh meninggalkan apapun di gunung. Jika kita bisa bertanggung jawab atas sampah yang kita hasilkan, tentu saja kita juga sudah bertanggung jawab atas kelestarian alam.

Bisa?
Pasti bisa!

Photo : Twitter



Baca juga
  » 25 Oktober 2016
Tips Buat Para Pendaki Wanita Agar Selalu Tetap Cantik Saat Mendaki Gunung
Halo para cewek yang ingin mendaki gunung. Kali ini LapakTas ingin membagi tips mendaki gunung untuk kaum wanita, seiring meningkatnya minat perempuan untuk mendaki gunung.

  » 22 Juni 2015
7 Ransel Hebat - Harga Hemat
7 pilihan tas ransel kapasitas 50-60 liter yang terjangkau kantong.

  » 15 April 2015
Cara Mudah Merawat Sepatu Trekking
Sepatu trekking adalah sepatu yg di rancang khusus untuk menghadapi segala medan di gunung, harga dan kualitas tak akan menjamin keawetan dari barang tersebut, karena semua masih tergantung pada bagaimana kita merawat sepatu tersebut.

  » 2 Februari 2015
Cara Mudah Merawat Jaket Gunung
Jaket gunung adalah salah satu barang yang tidak bisa lepas dari dunia pendakian dan memiliki fungsi yang begitu penting. Yaitu untuk melindungi tubuh dari suhu dingin.

  » 27 November 2014
Tips Memilih Tas Gunung Untuk Wanita
Bagi kaum wanita, pekerjaan memilih tas yang cocok untuk dibawa mendaki gunung bukanlah pekerjaan yang mudah. Karena begitu banyak tas gunung dijual dengan beragam ukuran dan model. Hal ini tentunya membuat bingung menentukan tas gunung mana yang mau dibeli.